Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 makanan yang tidak boleh dimakan dengan telur

 

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digemari karena rasanya yang enak dan serbaguna sehingga dapat digunakan untuk mengolah berbagai macam masakan.

 

Selain itu, telur merupakan sumber protein, vitamin D, dan asam lemak omega-3 yang sangat baik, serta dapat menurunkan kolesterol, membuatnya semakin diminati. Meski sangat praktis, ternyata mengolah telur atau memadukannya dengan bahan lain tidaklah mudah. Karena jika tidak, manfaat kesehatannya bisa berkurang.

 

Buku Vasant Lad The Complete Book of Ayurvedic Home Remedies, A Comprehensive Guide to the Ancient Healing of India menunjukkan bahwa sebagian besar masalah perut disebabkan oleh kombinasi makanan yang buruk. Jadi kalau mau makan telur, jangan gabungkan di baris berikut ini.

 

. Susu kedelai

Meski sehat dan merupakan sumber protein nabati yang baik, sebaiknya tidak dimakan dengan telur.

Saat Anda melakukan ini, jumlah protein dalam tubuh meningkat pesat dan menjadi sulit diserap.

 

. teh

Banyak orang makan telur dengan teh untuk memperlancar pencernaan atau menghilangkan bau telur yang tidak sedap.

Sayangnya, kombinasi tersebut justru dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti sembelit, kembung, dan mulas.

Menurut sebuah penelitian di Journal of Nutrition, minum teh dengan telur bisa mengurangi jumlah protein yang Anda konsumsi hingga 17 persen.

 

. gula

Makanan lain yang harus dihindari saat makan telur adalah gula. Ini karena asam amino yang dilepaskan dari telur dan gula bisa menjadi racun bagi tubuh dan menyebabkan pembekuan darah jika dikonsumsi bersamaan.

 

. pisang

Jika Anda suka makan telur dan pisang bersamaan, tidak apa-apa untuk berhenti. Pasalnya, kombinasi makanan ini sangat berat di perut dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Jadi lebih baik makan secara terpisah. Baca juga:

Amankah Makan Telur Bagi Penderita Diabetes?

 

. daging

Kombinasi lemak ekstra dan protein dalam telur dan daging bisa membuat pencernaan menjadi sulit. Memakannya bersamaan juga bisa membuat kita merasa lelah dan lesu, jadi sebaiknya hindari makan telur dengan daging ini. Jadi jika Anda memutuskan untuk makan telur di kemudian hari, pastikan untuk menghindari menu di atas untuk menghindari gangguan pencernaan.


Posting Komentar untuk "5 makanan yang tidak boleh dimakan dengan telur"