Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes, Menarik untuk diketahui

Manfaat daun kelor pada diabetes tampaknya sudah banyak diketahui. Secara ilmiah bernama Moringa oleifera, daun ini dipercaya efektif untuk penderita diabetes karena mampu menurunkan gula darah.

Daun kelor sendiri memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Daun kelor tidak hanya diolah dan digunakan sebagai obat, tetapi juga diolah menjadi sayuran dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Meski ukurannya kecil, daun kelor ternyata memiliki manfaat yang besar karena kandungannya. Daun kelor diketahui mengandung zat besi, thiamin, kalsium dan berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh. Menarik, bukan?

Bagi penderita diabetes sendiri, daun kelor juga memiliki banyak bukti ilmiah dari berbagai penelitian yang menjelaskan manfaat daun kelor pada diabetes. Dilansir dari berbagai sumber, berikut detail lengkapnya.

Nilai Gizi Daun Kelor

Moringa oleifera telah digunakan untuk khasiat obatnya selama berabad-abad. Juga dikenal sebagai pohon drum, tanaman ini berasal dari Himalaya. Namun saat ini, pertumbuhan kelor telah menyebar ke beberapa daerah tropis dan subtropis.

Batang, daun, kulit batang, bunga, buah dan beberapa bagian lain dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara. Daun kelor sendiri telah digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit mulai dari penyakit jantung, saraf, pencernaan dan diabetes.

Moringa, atau moringa, memiliki sifat antijamur, antivirus, antidepresan, dan antiinflamasi, kata ndtv.com. Selain itu, Moringa juga dikenal kaya akan mineral esensial. Tumbuhan ini merupakan sumber kalsium non-susu.

Moringa juga mengandung nutrisi bermanfaat lainnya seperti potasium, seng, magnesium, besi, tembaga, fosfor dan seng, yang dapat menjadi tambahan penting untuk diet Anda.

Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes

Pola makan dan gaya hidup sehat yang dikombinasikan dengan pengobatan dapat membantu mengontrol gula darah. Jika Anda menderita diabetes, memeriksakan gula darah secara rutin dapat membantu mencegah komplikasi dari penyakit kronis ini. Makanan dan minuman tertentu diketahui secara alami membantu menurunkan gula darah. Salah satu makanan yang dapat mengatur gula darah adalah daun kelor atau moringa.

 

Manfaat daun kelor untuk diabetes diketahui berasal dari senyawa quercetin, antioksidan yang membantu menurunkan tekanan darah, dan antioksidan lain, asam klorogenat, yang menstabilkan gula darah.

Asam klorogenat dalam daun kelor dapat membantu tubuh memproses gula dengan lebih baik dan memengaruhi insulin. Sifat antibiotik dan antibakteri daun kelor juga dapat membantu mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit, gastritis, dan kolitis ulserativa dengan mencegah pertumbuhan berbagai patogen. Manfaat daun kelor untuk diabetes juga diamati dalam penelitian yang dipublikasikan di Nutrients pada 2019. Menurut penelitian ini, pemberian daun kelor pada penderita diabetes menurunkan gula darah dan memengaruhi efek hormon insulin.

Mengutip Hallosehat.com, studi lain dalam Journal of Food Science and Technology mengamati gula darah pada 30 wanita yang mengonsumsi 7 gram daun kelor setiap hari selama tiga bulan. Hasilnya, gula darah puasa dari 30 wanita itu turun rata-rata 13,5 persen.

Menurut para ahli, manfaat bagi penderita diabetes terletak pada kandungan isotiosianat daun kelor. Senyawa ini melindungi tubuh dari risiko obesitas dan resistensi insulin serta mengatur penggunaan glukosa oleh tubuh. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui manfaat daun kelor untuk diabetes.

 

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes, Menarik untuk diketahui"